Rabu, 20 Oktober 2010

cara merakit setrum ikan tawar

assalamualaikuum,,,

saya mau berbagi ilmu nih buat temen2 yang mau bikin setruman ikan yang gampang dan simpel

perangkat/alat2 yang perlu di siapkan

1. accu/aki 5-7 amper 12volt
2. kabel email 2 ukuran 1mm dan 0,8mm/0,9mm -+1/2 kg2
3. lepengan besi ukuran 12cm=panjang 2cm=lebar
4. pelatina motor vespa
5. codensator
6. kabel secukupnya
7. bok ukurannya di sesuaikan
8. jaing/seser/sair
9. kawat penghubung
10. sakelar/swith

cara pembuatan gulungan/colinya setrum

sebelum memulai penggulungan kabel email sebagai kumparan/coilnya pada setruman ikan terlebih dahulu siapkan lempengan besi yang sudah di persiapkan dengan ukuran panjang 12cm lebar 2cm dan tumpuklah hinga ketebalannya -+2cm setelah itu bungkuslah lempengan besi tersebut hingga serapih mingkin karna untuk menjaga kemungkinan terjadinya konsleting pada kumparan dikala di operasikan
setelah lempengan besi tersiapkan mulailah penggulungan kawat email ,pada penggulungan ini ada dua macam lilitan yaitu lilitan primer dan sekunder dan yang terlebih dahulu di lilit adalah melilit primernya dahulu (kawat yang lebih besar dulu 1 mm) -+3 lapis/tumpuk lilitan/-+100 lilitan dalam setiap tumpukya harus dikasih partisa/penghalang antara tumpukan pertama dengan tumpukan kedua dst penghalangnya bisa saj menggunakan ketas semen yang lebih mudah untuk di carinya
setelah lilitan primer selesai mulailah di teruskan dengan melilit sekundernya (kawat yang kecil 0,8) -+5-7 lapis/tumpuk setlah selesai semua rakitlah semua perangkat yang sesuai tempat dan pungsinya dari pelatina,kodensator dll

cara pengujian kumparan/coil

pada kumparan yang sudah di lilit kada 4 kabel yang keluar dari gulungan tersebut yaitu 2 sekonder da 2 primer terus gabungkanlah salah satu dari 2 ujung kumparan pungsinya untuk mencari tegangangan yang manakah yang menghasil kan tegangan yang bagus,setelah ter gabung mulailah pengujiannya dengan cara menggunaka lampu 220volt dengan 15-20 watt bila dalam pengujian ,lampu keliahatan redup maka cari dan ganti ke salah satu ujung kumparan yg satunya hingga menghasilkan tegangan yang bagus hingga lampu kelihatan lebih terang dari sebelumnya


selamat mencoba,,,,,,,,,,,,




NB; hati2lah dalam mengoprasikan alat setuman ikan karna bisa saja terjadi bukan ikan yang ke setrum tapi kita sendiri yang tersetum hingga mematikan




kuningan; 21-10-2010

By; BOLINX

26 komentar:

  1. tolong dong kirim gambar skemanya ke
    sokatengah@mail.com
    trims

    BalasHapus
  2. trus yang dibuat primer yang mana ukurannya mas?1mm atau 0.8mm?

    BalasHapus
  3. Kalau untunk nyetrum ikan nila gmn ya!
    Milik saya gk ngefek kalau buat ikan nila!
    Tolong dibantu temen2!

    BalasHapus
  4. yang primer 1mm atau 0.8mm mas?

    BalasHapus
  5. kok gak ada namanya ya akunku

    BalasHapus
  6. asslmkum..
    mas, saya mo nanya neh..
    cara membuat coil setrum ikan,yg d gulung duluan kwatnya yg besar apa yg kecil dulu mas..???
    tlg krm jwbnnya ke email saya mas.kalau bsa sekalian gbr skema'y ya mas...
    sya sgt membuthkn'y...
    trima ksh..!

    BalasHapus
  7. Senadainya inti besinya di ganti sama besi lunak yng berdiameter 2 cm bisa gk sob ??

    BalasHapus
  8. Mantap ,

    Saya penasaran mencoba memegang setrumnya, dan sengatannya sangat dasyat :D

    BalasHapus
  9. Rekan pencari ikan sekarang sudah beredar strum elektronik tanpa platina dan mampu untuk air asin. Harga 750rb sudah termasuk ongkir. Hubungi Yanto 085785293190 atau 081269137400

    BalasHapus
  10. Kl boleh tau gmn rangkaian strum ikan tnpa platina. Pa pakek transistor 3055

    BalasHapus
  11. yang posting gak bisa jawab karna cuma kopas

    BalasHapus
  12. Ass. Permisi boz
    Bagaimana kalo kum/coilnya di ganti dengan dngan power suply
    Bisa gakk??

    BalasHapus
  13. Salm kenal gan.. dibesi keren 12cm. Terlilit 10cm.
    U tuk primer 1,5mm berapa sap? berapa ons atau meter email yang diperlukan?
    Untuk sekundernay sama.. kalau pake 1mm bgus ga? Berapa sap? Berapa onsatau meter? Terimakasih mohon bingbinganya solusinya gan.. bla masbrow

    BalasHapus
  14. untuk semuanya ma'af nih baru buka lg blognya hehehe....maklum di kejar2 setoran
    langsung ja:
    - untuk penggulungan di dahulukan kawat yang lebih besar dulu (primer)
    - untuk kumparan boleh di ganti dengan besi lunak gak jadi masalah asal jangan tebel2 kaya biasanya besi lunaknya bekas klem kayu di matrial
    - untuk lilitan yg pertama dengan ukuran yg besar contoh 1,5 di lilit cukup 3 sap dengan panjang 10 cm kalu di timbang -+ 3 ons
    - untuk lilitan yg ke 2 bisa ja yg pake ukuran 1 mm dgn berat 5 ons di lilit minimal 5 sap lebioh banyak akan lebih bagus
    mudah2an membantu infonya kalu kurang jelas silahkan YM : d42ng115 atau tlp ke 087882465814

    BalasHapus
  15. hadeuh...! malah ada yg lagi jualan...tapi gak palah bagi2 rezeki hehe

    BalasHapus
  16. Mas saya punya kawat email 1,5m dan 1m
    Klw buat primer berapa jumlah lilitan dan sap?

    BalasHapus
  17. Mas saya punya kawat email 1,5m dan 1m
    Klw buat primer berapa jumlah lilitan dan sap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ukuran 1,5 mm untuk primer agan bisa lilit kurang lebih 120 lilit menjadi 4 sap, dan untuk sekundernya dgn ukuran 1 mm agan bisa lilit 1700 lilitan kurang lebih 14 sap

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. disini strum pakai platina sudah ditinggal bro sekrang jaman dielektrik transistor

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu begitu bagus gan...selagi itu hasilnya lebih baik knpa nggak...klu blog saya ini hanya berbagi ilmu ja...klu sekiranya bermanfaat saya merasa senang bisa berbagi tpi klu nggak abaikan saja hehe...

      Hapus
  20. Maaf gan mau tanya klo tanpa platina
    apa gulungan spulnya tetep sama,, makasih sebelumnya?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan untuk yg gak pake platina bisa tanya2 yg coment di atas tuh mungkin agan yang itu lebih mengerti...saya mah apa atuuuh hehe...

      Hapus
  21. Gan gue hrus nanya apa ya?lihat komen diatas mkin sedikit" udh di mngerti cra bikin nya ,,,hhee

    BalasHapus