Rabu, 20 Oktober 2010

cara merakit setrum ikan tawar

assalamualaikuum,,,

saya mau berbagi ilmu nih buat temen2 yang mau bikin setruman ikan yang gampang dan simpel

perangkat/alat2 yang perlu di siapkan

1. accu/aki 5-7 amper 12volt
2. kabel email 2 ukuran 1mm dan 0,8mm/0,9mm -+1/2 kg2
3. lepengan besi ukuran 12cm=panjang 2cm=lebar
4. pelatina motor vespa
5. codensator
6. kabel secukupnya
7. bok ukurannya di sesuaikan
8. jaing/seser/sair
9. kawat penghubung
10. sakelar/swith

cara pembuatan gulungan/colinya setrum

sebelum memulai penggulungan kabel email sebagai kumparan/coilnya pada setruman ikan terlebih dahulu siapkan lempengan besi yang sudah di persiapkan dengan ukuran panjang 12cm lebar 2cm dan tumpuklah hinga ketebalannya -+2cm setelah itu bungkuslah lempengan besi tersebut hingga serapih mingkin karna untuk menjaga kemungkinan terjadinya konsleting pada kumparan dikala di operasikan
setelah lempengan besi tersiapkan mulailah penggulungan kawat email ,pada penggulungan ini ada dua macam lilitan yaitu lilitan primer dan sekunder dan yang terlebih dahulu di lilit adalah melilit primernya dahulu -+3 lapis/tumpuk lilitan/-+100 lilitan dalam setiap tumpukya harus dikasih partisa/penghalang antara tumpukan pertama dengan tumpukan kedua dst penghalangnya bisa saj menggunakan ketas semen yang lebih mudah untuk di carinya
setelah lilitan primer selesai mulailah di teruskan dengan melilit sekundernya -+5-7 lapis/tumpuk setlah selesai semua rakitlah semua perangkat yang sesuai tempat dan pungsinya dari pelatina,kodensator dll

cara pengujian kumparan/coil

pada kumparan yang sudah di lilit kada 4 kabel yang keluar dari gulungan tersebut yaitu 2 sekonder da 2 primer terus gabungkanlah salah satu dari 2 ujung kumparan pungsinya untuk mencari tegangangan yang manakah yang menghasil kan tegangan yang bagus,setelah ter gabung mulailah pengujiannya dengan cara menggunaka lampu 220volt dengan 15-20 watt bila dalam pengujian ,lampu keliahatan redup maka cari dan ganti ke salah satu ujung kumparan yg satunya hingga menghasilkan tegangan yang bagus hingga lampu kelihatan lebih terang dari sebelumnya


selamat mencoba,,,,,,,,,,,,




NB; hati2lah dalam mengoprasikan alat setuman ikan karna bisa saja terjadi bukan ikan yang ke setrum tapi kita sendiri yang tersetum hingga mematikan




kuningan; 21-10-2010

By; BOLINX

14 komentar:

  1. tolong dong kirim gambar skemanya ke
    sokatengah@mail.com
    trims

    BalasHapus
  2. trus yang dibuat primer yang mana ukurannya mas?1mm atau 0.8mm?

    BalasHapus
  3. Kalau untunk nyetrum ikan nila gmn ya!
    Milik saya gk ngefek kalau buat ikan nila!
    Tolong dibantu temen2!

    BalasHapus
  4. yang primer 1mm atau 0.8mm mas?

    BalasHapus
  5. kok gak ada namanya ya akunku

    BalasHapus
  6. asslmkum..
    mas, saya mo nanya neh..
    cara membuat coil setrum ikan,yg d gulung duluan kwatnya yg besar apa yg kecil dulu mas..???
    tlg krm jwbnnya ke email saya mas.kalau bsa sekalian gbr skema'y ya mas...
    sya sgt membuthkn'y...
    trima ksh..!

    BalasHapus
  7. Senadainya inti besinya di ganti sama besi lunak yng berdiameter 2 cm bisa gk sob ??

    BalasHapus
  8. Mantap ,

    Saya penasaran mencoba memegang setrumnya, dan sengatannya sangat dasyat :D

    BalasHapus
  9. Rekan pencari ikan sekarang sudah beredar strum elektronik tanpa platina dan mampu untuk air asin. Harga 750rb sudah termasuk ongkir. Hubungi Yanto 085785293190 atau 081269137400

    BalasHapus
  10. Kl boleh tau gmn rangkaian strum ikan tnpa platina. Pa pakek transistor 3055

    BalasHapus
  11. yang posting gak bisa jawab karna cuma kopas

    BalasHapus
  12. Ass. Permisi boz
    Bagaimana kalo kum/coilnya di ganti dengan dngan power suply
    Bisa gakk??

    BalasHapus